Serpihan Inspirasi

Penulis: Salim Darmadi (alumnus STAN 2006 & The University of Queensland 2010, peraih beberapa penghargaan karya tulis ilmiah tingkat internasional)

Penerbit: PT Elex Media Komputindo (Kelompok Gramedia)

Jadwal terbit: 4 April 2016

Tebal buku: 256 halaman

Tersedia buku bertanda tangan penulis, harga Rp54.000 per eksemplar. Hubungi Dino (SMS/WA 085640714539). Layanan pre-order dibuka mulai tanggal 15 Maret 2016.

Harga di Toko Buku Gramedia & toko-toko buku terkemuka di seluruh Indonesia: Rp60.000 per eksemplar (setengah dari royalti disedekahkan melalui Aksi Cepat Tanggap).

***

Setelah kegiatan itu selesai, saya dan tiga orang teman berencana pulang ke St. Lucia dengan bus. Hashim menawari kami untuk mengantar kami hingga pusat kota Brisbane, yang kami terima dengan senang hati. Di jok belakang mobilnya, kami mendapati kursi balita (car seat) di bagian tengah.

You have a baby, Hashim?” tanya saya.

Pemuda blasteran Australia-Melayu itu menjawab dengan pelan, tetapi lancar, “Yeah… but my wife left me to marry someone.”

Oh, I’m sorry…” saya dan teman-teman yang mendengarnya serentak mengungkapkan penyesalan. Astaghfirullah al-‘Azhim. Tentu kami tidak perlu menanyakan detailnya, apalagi menanyakan siapa yang bersalah. Yang kami tahu, ia baru saja mengungkapkan sebuah kejadian yang mungkin menjadi memori paling menyakitkan dalam hidupnya.

Pertemuan dengan Hashim adalah satu dari begitu banyak fragmen yang menyisakan pembelajaran berharga bagi saya, di tengah kehidupan yang saya jalani di negeri orang…

***

Alam takambang jadi guru. Alam semesta, beserta ragam rupa kehidupan menusia di dalamnya, memang terhampar sedemikian rupa untuk menjadi sumber pembelajaran yang berharga. Pesan ini juga menemukan relevansinya ketika saya tinggal di Australia selama dua tahun untuk menempuh studi pascasarjana.  Mata air inspirasi itu saya dapatkan dari interaksi dengan teman dan sahabat, dari kegiatan akademis di ruang-ruang kuliah, dari pengamatan saya terhadap masyarakat Negeri Kanguru, dari perjalanan mengunjungi tempat-tempat jauh, dan masih banyak lagi.

Simak catatan-catatan reflektif yang menginspirasi dalam buku ini! Kita akan semakin yakin bahwa hikmah adalah harta terserak dan dapat kita pungut dari mana saja, untuk selanjutnya kita renungi dan menjadi bekal untuk bangkit memperbaiki diri dan menebar manfaat. Read, reflect, and revive!

***

Apa Kata Mereka tentang Buku Ini?

“Kisah-kisah inspiratif di dalam buku ini memotret beragam sisi kehidupan seorang mahasiswa Indonesia di negeri orang, yang kadang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.” (Helvy Tiana Rosa – sastrawan, pendiri Forum Lingkar Pena)

“Kisah Salim yang sekolah S-2 di Australia dengan beasiswa ini patut dibaca sebagai penyemangat bagi siapa saja yang berminat sekolah sampai ujung dunia.” (Ahmad Fuadi – penulis trilogi Negeri 5 Menara)

“Kisah-kisahnya terasa ‘menggerakkan’ dan menyentil kita untuk segera bangkit meningkatkan kualitas diri, suatu proses yang tidak akan pernah berhenti seumur hidup.” (Hanum Salsabiela Rais – penulis novel 99 Cahaya di Langit Eropa)

“Tulisan-tulisan dalam buku ini berupa refleksi sang penulis yang mengingatkan kita semua tentang arti hidup dan bagaimana bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi lingkungan. An inspiring book!” (Muhammad Assad – pengusaha, pembicara internasional, penulis buku Notes from Qatar)

“Buku ini mengungkapkan renungan penulisnya terhadap beragam hal yang dijumpainya di negeri orang, yang kemudian menjadi bekal untuk bangkit menunaikan peran sebagai hamba dan khalifah Tuhan. Mencerahkan sekaligus menggerakkan!” (Faldo Maldini – Ketua PPI United Kingdom 2013-2014, Ketua BEM Universitas Indonesia 2012)